Di atas merupakan infografis sederhana tentang tips untuk mendaki gunung, berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Pelajari medan yang akan dituju
    Dalam pendakian gunung kita harus mengetahui medan dan jalur yang akan ditempuh, selain itu sumber air yang berada di gunung yang dituju harus diketahui juga. Alangkah baiknya kita mengajak teman yang sudah pernah melakukan pendakian ke gunung yang akan dituju, hal ini akan mempermudah kita pada saat perjalanaan menuju pos dan camp ground. Pada saat melakukan pendakian taati juga rambu atau tanda yang sudah dipasang oleh pihak taman nasional.
  2. Bawa perlengkapan seperlunya
    Perhatikan perlengkapan yang akan dibawa pada saat pendakian. Bawa baju ganti seperlunya. Sleeping bag, jaket, headlamp dan jas hujan adalah perlengkapan penting yang harus dibawa pada saat pendakian. Untuk logistik usahakan bawa lebih sehari dari hari yang dibutuhkan untuk mendaki. Hal ini dilakukan untuk berjaga – jaga kalau ada hal yang tidak diinginkan. Dan ingat pada saat melakukan tracking gunakan sepatu agar tetap aman. Budayakan keselamatan terlebih dahulu.
  3. Ijin dan urus simaksi di basecamp
    Bawa berkas administrasi dan kartu identitas untuk mendaftarkan diri pada pos pendakian. Pada setiap gunung di Indonesia, syarat untuk simaksi berbeda – beda jadi ada baiknya untuk mencari informasi tentang bagaimana mengurus simaksi pada gunung yang akan didaki. Mengurus simaksi memudahkan pihak Taman Nasional untuk mendata pendaki yang akan melakukan pendakian di gunung tersebut. Sehingga keselamatan pendaki bisa terjamin oleh pihak Taman Nasional.
  4. IJIN KE ORANG TUA
    Kenapa ijin ke orang tua saya capslock? Karena do’a orang tua akan membawa keselamatan selama pendakian.
  5. Bawa lagi sampahmu
    Jangan kotori Gunung, Jagalah kebersihan dan kelestarian alam kita. Kita bukan mewarisi alam dari nenek moyang kita tapi kita meminjam alam dari anak cucu kita. Jadi sekali lagi jagalah alam untuk anak cucu kita kelak.

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *