Yeay, akhirnya dapat kerjaan yang ke Surabaya yang mana artinya bisa pulang kampung gratis dibayari sama kantor. Alhamdulillah! Rencananya setelah kerjaan di Surabaya selesai, aku dan temanku langsung menuju Tuban dan melakukan eksplor kecil – kecilan di sana. Tapi kenyataannya, malam selesai acara kita gak bisa langsung menuju tuban karena kita ingin mencari oleh – oleh khas Surabaya terlebih dahulu sebelum balik ke Tuban. Dan esok harinya pun kita jalan ke Tuban.

Minggu siang, kita sebenarnya ingin pergi jalan – jalan ke pantai. Tapi karena kita jam 3 sudah harus balik lagi ke Surabaya, akhirnya kita memutuskan untuk main ke Goa Akbar. Goa Akbar terletak di belakang pesar besar Tuban, sekitar 2 KM dari pusat kota Tuban. Dan dulunya, goa ini merupakan tempat pembuangan sampah di wilayah pasar besar Tuban. Goa ini direnovasi menjadi tempat wisata sekitar tahun 1996. Untuk biaya masuk ke goa ini, hanya Rp 4.000,00 pada saat weekday dan Rp 5.000,00 pada saat weekend.

Pintu masuk Goa Akbar

Di dalam goa ini dijadikan habitat oleh kelelawar, jadi harap maklum dengan bau pesing dari kotoran si kelelawar ini. Hampir sepanjang jalan terdapat kelelawar. Mereka tidak mengganggu dan berbahaya kok, jadi gak usah takut sama mereka.

Kelelawar yang sedang tidur siang

Untuk jalan yang dilewati di goa ini cukup panjang, sekitar 1,2 KM. Lumayan melelahkan sih, tapi hal itu gak kerasa karena terdapat stalactite di dalam goa yang cukup membuat kita takjub, ada beberapa bekas tempat untuk bertapa, dan juga ada sumber mata air asli dari Goa Akbar. O iya, saran aja kalau jalan hati – hati jangan lari, karena jalan setapaknya licin akibat tetes air dari atap goa.

nullJalan setapak di dalam goa
nullStalactite di dalam goa
nullSelo Kumambang

Perjalanan menelusuri goa yang cukup singkat, lumayan menghibur apalagi kita ke sana bersama keluarga atau teman – teman kita. Mata kita dimanjakan dengan keindahan – keindahan yang terdapat dalam goa, selain itu goa ini juga memiliki nilai sejarah yang kuat. Apalagi harga tiket masuknya relatif murah dan pas di kantong kita – kita yang suka travelling. Dan aku berharap pengunjung dan pemko Tuban mampu menjaga kebersihan dan kelestarian Goa Akbari, agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.

Yuk, mampir ke Tuban. Selain Goa Akbar masih banyak lagi tempat – tempat wisata yang bisa kita telusuri. Kalau ada waktu pulang kampung lagi, Insya Allah, aku akan menulis lagi tentang tempat – tempat wisata di Tuban. Have a nice day, guys!!

Save

Save

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *