Belajar Fotografi dengan Kamera Analog

Dulu aku tidak terlalu tertarik dengan dunia fotografi, tapi akhir – akhir ini tertarik dengan dunia fotografi terutama menggunakan kamera analog. Semuanya berawal dari penemuan kamera Fuji MDL-5 milik ibu di rumah, tapi kamera tersebut sudah rusak karena setiap kali digunakan untuk memotret, film yang sudah dipasang akan tergulung terus sampai habis. Karena rasa penasaran…

Karena Munir Bukan Mirna

Beberapa minggu ini di televisi kita sering mendengar berita tentang kasus pembunuhan Mirna. Mirna dibunuh dengan racun yang dimasukkan ke dalam kopi yang hendak ia minum. Sidang kasus pembunuhan Mirna begitu gencar diberitakan di media – media. Bahkan di beberapa stasiun televisi, sidang tersebut menjadi Breaking News. Lalu siapa Mirna? Dia bukan aktivis, dia juga…

Say Goodbye to Your Comfort Zone

Zona nyaman? Yup, zona dimana kita dibuat sangat nyaman dengan buaian lingkungan dan orang – orang di sekitar kita. Apalagi kita sudah bisa nyari duit sendiri, maka tingkat kenyamanan itu akan meningkat beberapa persen. Dan aku jadi ingat dengan apa yang dikatakan oleh bapakku pas aku masih jaman STM, “Lanjut kuliah aja dulu, daripada nanti…

Bukan Tentang Alam tapi Tentang Diri Kita

“Puncak adalah bonus, pulang dengan selamat adalah target utama.” Hmmmm, kalimat di atas adalah semboyan para pendaki gunung yang mulai diabaikan sekarang¬†(gak sekarang doang sih, dari dulu juga udah diabaikan). Kenapa? Karena kebanyakan dari mereka sudah menjadikan puncak sebagai target utama dan membahayakan diri mereka sendiri bahkan regu mereka juga. Kebanyakan mereka tidak mempertimbangkan resiko…

What I Got in 2015

Alhamdulillah, tidak terasa sudah tahun 2016. Tahun 2015 dengan cepat terlewati dan banyak cerita di dalamnya meski masih jomblo (read:single). Okey, untuk mengawali tahun 2016 yang semoga menjadi tahun yang indah ini, aku menerima tantangan dari ucik dan weka untuk membuat posting tentang pelajaran berharga apa yang aku dapat selama tahun 2015. Tahun 2015, tepat…

Kenapa Naik Gunung??

Kenapa naik gunung? Naik gunung enaknya apa sih? Emang di gunung ada apa sih? Pertanyaan – pertanyaan itu selalu aku dapat saat nongkrong bareng teman yang bukan pendaki gunung. Dan aku selalu bingung untuk menjawabnya, karena memang susah untuk menjelaskan apa enaknya naik gunung. Mungkin jawaban yang selalu aku lontarkan kepada mereka adalah “entalah, kenapa…

Tips Dasar untuk Mendaki Gunung

Di atas merupakan infografis sederhana tentang tips untuk mendaki gunung, berikut ini adalah penjelasannya : Pelajari medan yang akan dituju Dalam pendakian gunung kita harus mengetahui medan dan jalur yang akan ditempuh, selain itu sumber air yang berada di gunung yang dituju harus diketahui juga. Alangkah baiknya kita mengajak teman yang sudah pernah melakukan pendakian…